Posted by: KNPB Mimika Region | May 21, 2011

KNPB : Penyelesaian Berbagai Persoalan Di Papua Seharusnya Via Hukum Internasional

Ketua Satu Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Mako Tabuni mengatakan untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi di Papua sebaiknya melalui hukum standar Internasional karena hukum Nasional dinilai tidak mampu menyelesaikan persoalan hingga tuntas. Terutama bagi pelaku pelanggaran HAM.

Lanjut dia, masih terjadi kesimpangsiuran dalam proses penyelesaiannya. Hal ini disebabkan karena masih lemahnya institusi hukum Negara. “Perjuangan bangsa Papua Barat selama ini telah menjadi guru paling berharga yang mencerminkan bahwa menuntut keadilan dari sistem hukum di Indonesia yang mustahil terjadi,” ujar Mako, Senin (16/5) di Jayapura.

KNPB menilai sistem hukum Negara Indonesia sangat kecil kemungkinan menjunjung tinggi martabat Orang Asli Papua (OAP) karena tidak tegasnya institusi hukum untuk mengusut tuntas kasus pelanggaran HAM yang pernah terjadi. “Persoalan demi persoalan datang silih berganti, tapi tidak diselesaikan dengan baik,” tambahnya.

KNPB menilai pelanggaran HAM sebagai persoalan utama tidak menjadi prioritas penyelesaian oleh hukum RI sehingga sebagai alternatifnya melalui penggunaan hukum standar Internasional untuk menyelesaikannya. “Karena itu, kami menilai bahwa keadilan belum tumbuh mekar di Negeri ini sehingga rakyat bangsa Papua berjuang mencari keadilan dan kebenaran,” tegasnya.

Menurutnya, KNPB tetap menolak dengan tegas segala bentuk ketidakadilan di atas bumi dan bangsa Papua. “Sebabnya, seluruh rakyat bangsa Papua diharapkan berhenti mencari keadilan terhadap kebijakan-kebijakan Republik Indonesia karena sampai kapan pun tidak ada keadilan bagi bangsa Papua dan seluruh rakyat Papua juga diharap bersatu untuk mentukan nasib dan masa depannya secara mandiri,” tutupnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: