Posted by: KNPB Mimika Region | August 2, 2011

Demonstrasi Damai Rakyat Timika Mendukung KTTI ILWP, Oxford

DEMONSTRASI DAMAI 2 AGUSTUS 2011 OLEH BANGSA PAPUA DI TIMIKA MENDUKUNG ILWP CONFRENCE DI OXFORD,UK.

Timika – Pagi itu antusiasme bangsa Papua Barat yang ada di Timika menyambut dan mendukung kegiatan Konfrensi Tingkat Tinggi International Lawyers for West Papua [ILWP] sangat baik. Semua titik kota mulai berdatangan dengan massa aksi untuk berkumpul di jantung kota Timika mengadakan panggung politik terbuka bagi bangsa Papua yang dikordinir oleh KNPB Wilayah Timika.

Suasana lapangan Timika Indah tempat titik berkumpul menjadi kota yang terpesona dengan wajah manusia serba senyum, tangis, gembira dan segala macam. Lapangan Timika Indah hanya terlihat lautan manusia menghadiri acara besar tersebut. Terlihat indah ketika para saksi-saksi sejarah Pepera dan Saksi sejarah dan korban kemanusiaan melampiaskan isi hati mereka yang telah lama terpendam untuk diungkapkan. Terlihat juga bahwa sebenarnya rakyat bangsa Papua ingin untuk Merdeka, karena terlihat jelas dengan lautan manusia di lapangan Timika Indah.

Komite Nasional Papua Barat [KNPB] Wilayah Timika yang memediasi rakyat bangsa Papua Barat menyatakan sikap politik rakyat bangsa Papua Barat untuk mendukung penuh KTT ILWP di oxford, Inggris pada 2 Agustus 2011.

PERNYATAAN POLITIK BANGSA PAPUA BARAT

Konflik politik di Papua Barat tentang keabsaan wilayah terus dipertengtangkan. dipertanyakan, diperbincangkan atau dikaji serta diselesaian sesuai mekanisme hukum internasional agar diperoleh kebenarannya dan diterima oleh orang Papua Barat dan Indonesia.

Masalah utama Rakyat Papua Barat adalah status politik wilayah Papua Barat dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang belum final, karena proses memasukan wilayah Papua Barat dalam NKRI itu dilakukan dengan penuh pelanggaran terhadap standar-standar, prinsip-prinsip hukum dan HAM internasional oleh Amerika Serikat, Belanda, Indonesia dan PBB demi kepentingan ekonomi politik mereka. Karena proses itu merupakan hasil persekongkolan pihak-pihak  Internasional, maka masalah konflik politik tentang status politik wilayah Papua Barat harus diselesaikan di tingkat Internasional.

Kami rakyat bangsa Papua menyatakan sikap dengan sesungguhnya kepada dunia Internasional agar diketahui oleh seluruh bangsa di muka bumi bahwa :

  1. Rakyat Papua menuntut REFERENDUM sebagai solusi demokrasi bagi penyelesaian status Politik bangsa Papua.
  2. Rakyat Papua menyatakan kepada dunia bahwa Indonesia menguasai Papua Barat sejak 1 Mei 1963 hingga sekarang Tidak Sah menurut Hukum Internasional.
  3. Act of free choice 1969 atau PEPERA 1969 yang dilaksanakan di Papua adalah Tidak sesuai Prinsip-prinsip dan standart Hukum Internasional serta banyak terjadi Manipulasi.
  4. Rakyat Papua Menyatakan kepada Dunia bahwa Hak untuk Penentuan Nasip Sendiri bagi Bangsa Papua Barat masih berlaku sampai saat ini menurut Hukum Internasional.
  5. Perserikatan Bangsa-Bangsa, Amerika, Belanda dan Indonesia SEGERA bertanggung jawab atas Status Politik bangsa Papua.

Untuk mendukung dan menyelesaiakan persoalan Politik Bangsa Papua di dunia Internasional maka dengan demikian rakyat Papua Barat memohon dukungan dan merekomendasikan kepada:

  1. 1.      Seluruh rakyat Papua Barat mendukung sepenuhnya Konferensi Tinggkat Tinggi Internasional (KTTI) oleh International Lawyers for West Papua (ILWP) sebagai jalan menuju Referendum bagi bangsa Papua Barat.
  2. 2.      Parlement Eropa, IPWP, ILWP dan diplomat OPM untuk mendorong penyelesaian satatus politik melalui jalur hukum dan Politik.
  3. 3.      Seluruh rakyat Papua Barat memohon dukungan kepada pemerintah Republik Vanuatu serta pemerintah Negara-Negara Pasific lainnya untuk membawa status politik Papua ke ICJ.
  4. 4.      Seluruh rakyat Papua Barat memohon dukungan kepada pemerintah Negara -Negara Eropa, Columbia dan Negara-Negara aAfrika untuk membawa status Politik Papua ke ICJ.
  5. 5.      Seluruh rakyat Papua Barat memohon dukungan kepada pimpinan umat diseluruh dunia dan di Papua Barat untuk mendukung Referendum bagi bangsa Papua.
  6. 6.      Seluruh rakyat Papua Barat memohon dukungan kepada lembaga-lembaga HAM mendukung Referendum bagi bangsa Papua di Papua Barat.

Demikian pernyataan sikap bangsa Papua Barat ini kami sampaikan kepada Dunia secara sesungguhnya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Timika, 2 Agustus 2011

KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT (KNPB) WILAYAH TIMIKA

Ketua Umum Papua Barat

BUCTHAR TABUNI

Berikut adalah gambar-gambar pada saat rakyat Papua yang ada di Wilayah Timika mendukung penuh KTTI ILWP di Oxford, Inggris.

 


Responses

  1. Wa, luar biasa. Salut o….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: