Posted by: KNPB Mimika Region | November 14, 2011

Papua Tanah Darurat: Referendum Solusi

Press Release

REFERENDUM adalah solusi Damai dan Demokasi untuk menyelesaikan segala persoalan bangsa Papua Barat di Tanah Papua Barat.

 Akar masalah Papua Barat adalah Masalah Sejarah dan Status Politik bangsa Papua dalam bingkai Negara Republik Indonesia. Masalah Papua dan konflik Papua yang bergejolak dari tahun ketahun berkategori Internasional sehingga sangat sulut Jakarata menyelesaikan. Masalah Papua Barat adalah Masalah Internasional yang diperjuangkan dan dipersoalkan bangsa Papua sejak 1961- 2011. Masalah ini adalah hak politik rakyat bangsa Papua yang dikhianati oleh PBB, Amerika Serikat, Belanda dan Indonesia.

Akar persoalan bangsa Papua barat yang sebenarnya merupakan sejarah Integrasi Papua ke dalam wilayah Indonesia melalui Maklumat TRIKORA di Jogjakarta, Kemerdekaan bangsa Papua Barat 1 Desember 1961,  Perjanjian New York 15 Agustus 1963 yang dibuat dan ditanda tangani oleh Indonesia dan Belanda yang dimediasi Amerika tanpa melibatkan penduduk asli Papua, penyerahan Papua dari United Nations Temporary Administration (UNTEA) ke dalam wilayah Indonesia secara administrasi 1 Mei  1963 sebelum PEPERA 1969, dan pelaksanaan PEPERA 1969 yang CACAT HUKUM  dan CACAT moral dengan menggunakan  kekuatan moncong militer Indonesia dengan kekerasan dan kejahatan kemanusiaan yang menyebabkan pelanggaran HAM berat dan kematian penduduk asli Papua di tangan TNI dan POLRI. Itulah masalah-masalah yang ada di rakyat Papua yang dipersoalkan.

Perjungan rakyat Papua Barat selama ini bukan karena lapar dan haus (kepentingan Ekonomi) dalam kekuasaan Indonesia, dan BUKAN untuk melahirkan Otsus, MRP, Pemekaran, UP4B atau kepentingan dialog sepihak oleh pihak-pihak yang tidak diberi mandat rakyat bangsa Papua Barat. Tuntutan Papua Barat Merdeka, bukan karena kegagalan Otsus dan terpilih atau tidaknya Anggota MRP serta kurang adanya kebijakan pembangunan dalam kekuasaan NKRI terhadap kami orang Papua Barat tetapi rakyat Papua Barat berjuang karena menuntut Hak Politik sebagai sebuah Negara, yang telah digadaikan demi kekuasaan politik dan ekonomi melalui Pepera 1969 yang sangat cacat secara Hukum dan Moral.

Proses memasukan Bangsa Papua Barat kedalam NKRI, atas keterlibatan pihak Internasional (PBB, Amerika Serikat, Belanda dan Indonesia), maka masalah atau konflik Politik Papua Barat adalah Masalah Internasional, bukan persoalan antara Bangsa Indonesia dengan Bangsa Papua Barat. Dengan demikian, poroses penyelesaiannya pun harus melalui Mekanisme Internasional.

Akar persoalan Papua yang dapat dijelaskan diatas dan salah satunya Proses Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) di Papua Barat Tahun 1969 merupakan persoalan yang harus dituntaskan, PEPERA 1969 adalah akar dari seluruh rentetan peristiwa demi peristiwa berdarah di Papua. Papua akan terus bergejelok, pertumpahan darah akan terus berulang, tentu Rakyat Papua Barat tidak menginginkan tindakan-tindakan biadap tersebut, dengan demikian segera tuntaskan PEPERA 1969 dengan cara menggelar Referendum Ulang bagi Bangsa Papua Barat.

Dengan demikian kami rakyat bangsa Papua Barat Wilayah Timika menyatakan sikap dan memohon dukungan:

  1. Indonesia, Perserikatan bangsa-bangsa (PBB), Amerika Serikat dan Belanda SEGERA mengakui Hak Poltik rakyat Papua Barat dengan melaksanakan REFERENDUM Ulang di Papua
  2. SEGERA Tutup Total PT. Freeport
  3. Komisi HAM PBB SEGERA lakukan rapat DARURAT untuk membahas situasi HAM di Papua Barat
  4. SEGERA buka ruang kebebasan bagi JURNALIS dan PEKERJA HAM Internasinal di Papua Barat
  5. SEGERA ungkap Pelaku Penembak di areal PT. Freeport

Demikian press release ini kami buat dengan sesungguhnya.

Timika, 14 November 2011

KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT [KNPB]

                      WILAYAH TIMIKA

ROMARIO E. YATIPAI

Ketua I

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: